Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Sangat Penting Bagi Guru

Juni 30, 2016 | Juni 30, 2016 WIB | 0 Views Last Updated 2016-07-19T13:33:00Z
ASHARI SOFYAUN, S.Pd , MM
(Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan)

Peningkatan kompetensi guru merupakan tanggung jawab moral bagi para guru di sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Peningkatan kompetensi guru Berdasarkan UURI Nomor 20 tahun 2003 tentang Si kepribadian.

Peningkatan profesionalisme dapat dicapai oleh guru dengan cara melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara berkesinambungan. Mills (2000) Penelitian Tindakan Kelas adalah proses penelitian sistematis yang dilakukan guru (atau orang lain dalam lingkungan pembelajaran) untuk memperoleh informasi tentang bagaimana guru mengajar dan siswa belajar serta melakukan tindakan untuk memperbaikinya. Sedangkan Carr dan Kemmis dalam ( Hardjodiputro, 1997) menyatakan bahwa PTK adalah suatu bentuk refleksi diri yang dilakukan oleh partisipan (guru, siswa, atau kepala sekolah) dalam situasi sosial (termasuk pendidikan) untuk memperbaiki rasionalitas dan kebenaran dari: (a) praktik praktik sosial atau pendidikan yang dilakukan sendiri, (b) pengertian mengenai praktik praktik tersebut, (c) situasi situasi (lembaga - lembaga) tempat praktik praktik tersebut dilaksanakan. 

Sistem Pendidikan Nasional, PPRI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, dan UURI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, mencakup empat jenis, yaitu (1) kompetensi pedagogik (2) kompetensi profesional, (3) kompetensi sosial, dan (4) kompetens.

Dengan demikian penulis dapat menyimpulkan bahwa PTK merupakan suatu langkah perbaikan atas aktifitas yang berlangsung disaat proses pembelajaran melalui pengumpulan informasi secara sistematis.

Dengan melakukan penelitian tindakan kelas, guru memperoleh kejelasan dari yang selama ini tidak jelas itu berdasarkan umpan balik yang diperolehnya sendiri. Guru secara perlahan dapat membuktikan dan mengevaluasi apakah suatu teori pembelajaran atau suatu metode pembelajaran yang secara teoritik dikatakan bagus, juga dapat diterapkan dengan baik di kelas dan apakah dapat meningkatan efektivitas hasil belajar siswa. Jika suatu teori pembelajaran atau metode pembelajaran ternyata tidak cocok dengan kondisi kelasnya, maka melalui penelitian tindakan kelas ini guru dapat mengadaptasi teori tersebut sesuai dengan kondisi kelas yang dikelolanya dalam proses pembelajaran.

Keberhasilan dalam membuat PTK dapat mewujudkan suatu proses pembelajaran yang menyenangkan antara guru dan siswa. Guru dapat megatahui secara lagsung model/metode/strategi yag tepat diterapkan pada siswa dengan kondisi dan karakteristik tertentu agar mengantarkan siswa mencapai kompetensi pembelajaran.
Guru SBT HEBAT........... Guru hebat karena karyanya....... Karyanya Bersama PTK.
×
Berita Terbaru Update